Kata Pengantar

Hai guys!


Kami mau mengucapkan terimakasih pada Tuhan YME yang telah memberikan rahmatNya pada kami dalam membuat blog ini. Kami juga mengucapkan terimakasih pada Pak Taat yang membimbing kami dalam membuat blog ini, sehingga kami dapat menyelesaikan blog ini dengan baik dan benar.

Kami harap blog kami dapat bermanfaat buat semuanya. Jika dalam blog ini berisi konten atau postingan yang kurang bagus atau standar mohon dimaafkan karena di dunia ini tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa.


Akhir kata kami ucapkan Terima Kasih dan selamat bersenang-senang berselancar di blog kami.


Salam Sejahtera,


X IIS 3 Kelompok 3

Kamis, 17 September 2015

Cara Membuat Rak Mini Sederhana





      Kali ini kami Kelompok 3 dari kelas X IIS 3 akan mempersembahkan dan memberi tips untuk membuat rak kardus sederhana dan bentuknya mini. Untuk membuat rak ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak cukup modal kardus saja bisa menyimpan alat tulis anda bahkan buku. Mari ikuti langkahnya untuk membuat rak ini.

  • Alat : 
Phylox
Penggaris


Lakban
Gunting
Spidol


  • Bahan
  1. Kardus 
  2. Kertas Hias (asturo,karton,dll)



  • Langkah-Langkah :
  1. Siapkan semua alat dan bahan.

    2 . Pilih kardus berukuran kertas A4 (kami memakai kardus bekas ini).


    3. Karena sudah memiliki pola, anda bisa langsung merangkai pola tersebut dengan cara memasang       pinggir kardus tersebut dengan memberi selotip bolak-balik atau lakban. 


Hingga menjadi seperti ini :



    4. Sudah selesai menjadi wadah laci, maka anda harus membuat batasnya dengan cara memotong kardus baru dan dibagi menjadi 2 bagian di ruang laci tersebut.


Maka, hasilnya seperti ini :



      5. Setelah selesai kini tinggal membuat tutup dari ruang laci tersebut dengan cara membuat lubang diantara 2 bagian tersebut dan memberi tempelan menggunakan kardus bekas kertas A4 yang lainnya seperti ini.


Hingga jadi seperti ini :


  •      Maaf sebelum ditutup maka harus diberi warna dulu mau dengan kertas hias atau phylox jika kami menggunakan phylox berwarna hijau maka menjadi seperti ini.




    
     6. Jika sudah jadi ruang laci maka kita akan membuat lacinya. Mungkin ruang ini terkesan seperti CPU di komputer. Begini cara membuat laci.

Buat pola seperti itu diatas kertas hias dan dibeli selotip bolak-balik

susunlah pola tersebut hingga menjadi seperti ini 

  • Jika sudah jadi 2 laci maka masukkan lah kedalam ruang laci dan akan jadi seperti ini :




  7. Sudah selesai menyusun laci maka sekarang kita akan buat yang paling penting yakni tubuh dari rak ini. Ikuti langkah berikut.

Pilih (jika menggunakan kardus sama dengan kami) yang memiliki pola diatas atau yang paling besar. Jika tidak sama anda bisa membentuk pola diatas jangan lupa tempelkan pada kertas hias.

Jika sudah ditempel anda tinggal mengguntingnya.
Hingga menjadi seperti diatas.
  • catatan : jika sudah membentuk pola diatas maka anda bisa menggabungkan ruang laci di dalamnya dan jadi seperti ini.


  • Catatan : untuk area yang dilingkari itu anda bisa memotong kardus sendiri sesuai ukuran yang disediakan tempatnya untuk rak tersebut. Misalnya saja ini sebagai contoh. 



  8. Karena semua sudah lengkap anda tinggal menikmati hasil karya anda. Selamat Mencoba ! Semoga Bermanfaat !





Sekian tips dari kami serta tutorial untuk membuat kerajinan sederhana dan murah. So Have to Try It ! Good Luck !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar